Bahaya-Kecanduan-Narkoba-Serta-Penyebabnya

Bahaya Kecanduan Narkoba Serta Penyebabnya

Gaya Hidup

Penyebab Seseorang Pecandu Narkoba – Untuk sekarang angka kriminalitas dan kejahatan di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Seperti halnya dalam tahun ini tercatat angka kejahatan telah meningkat setidaknya 3% lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu.

Banyak sekali dapat kalian lihat bentuk kejahatan yang terjadi seperti contohnya pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, begal, sampai dengan narkotika. Khususnya untuk narkotika menjadi salah satu kejahatan yang paling banyak menjerat kalangan masyarakat. Baik itu dari kalangan bawah hingga kalangan atas, tua atau muda bahkan artis terjerat kasus ini tanpa pandang bulu.

Berdasarkan dari data terakhir Badan Narkotika Nasional (BNN) mengatakan bahwa jumlah pecandu narkoba di Indonesia saat ini kurang lebih mencapai lebih dari angka 6 juta orang. Dengan jumlah yang sebesar itu tentunya kalian pastinya bertanya mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Apa penyebabnya ?.

Seperti yang kita tahu bahwa dari narkotika merupakan sebuah kejahatan paling besar yang dimana mampu menimbulkan kejahatan lainnya. Seperti contohnya akibat kecanduan dari narkotika pecandu akan melakukan apa saja asal bisa mendapatkan narkoba dari membunuh, mencuri dan lain sebagainya.

Lalu apa penyebab dari seseorang bisa kecanduan narkotika ? Rupanya dibawah ini adalah penyebab kenapa seseorang ingin menyicipi hingga kecanduan akan narkoba.

Penyebab Seseorang Kecanduan Narkoba

1. Pengaruh dari lingkungan

Jangan pernah sepele akan masalah lingkungan bermain dari anak ataupun orang kesayangan kalian karena hal ini menjadi faktor utama penyebab dari mengapa orang dapat kecanduan dan mengetes narkotika.

Lingkungan memainkan peran penting dalam kemunculan kecanduan seseorang. Salah satu alasan paling umum mengapa seseorang tergoda mencoba menggunakan narkoba dari pengaruh luar diri, baik secara langsung maupun tidak langsung terutama orang yang sering mereka temui atau idolakan, termasuk orangtua, teman, kakak, hingga bahkan selebritis.

Baca Juga : Kenali Seorang Dengan Kepribadian Psikopat

Kita hidup di era dimana penggunaan narkoba dibicarakan secara terbuka dan bahkan dipromosikan oleh orang-orang penting. Ini yang kemudian memengaruhi rasa ingin tahu dan memicu keinginan untuk mencoba-coba.

2. Rasa penasaran yang tinggi

Keingintahuan merupakan salah satu insting alami manusia. Banyak remaja yang menjadi pecandu narkoba karena diawali oleh eksperimen dengan obat-obatan dan alkohol atas dasar rasa penasaran seperti apa rasanya.

Banyak remaja yang meski mereka tahu bahwa narkoba itu buruk, mereka tidak percaya hal tersebut akan terjadi pada dirinya sehingga memutuskan nekat untuk coba-coba. Ada juga yang menggunakan narkoba untuk mendapatkan pengakuan status sosialnya, juga untuk merasakan pengalaman yang sama dengan teman-temannya.

3. Karena hal yang tidak disengaja

Beberapa obat pereda nyeri sangat mudah untuk disalahgunakan berkat efeknya yang “membius”, bahkan pada kasus yang tidak disengaja sekalipun. Salah satunya adalah obat golongan opiat. Pada awalnya opiat (misalnya seperti oxycodone, percocet, vicodin, atau fentanyl) diresepkan dokter untuk mengatasi rasa sakit luar biasa. Obat-obatan opium memang sangat efektif untuk mengatasi rasa sakit yang tidak tertahankan, misalnya selama terapi kanker atau perawatan pasca-pembedahan.

Ada juga yang menggunakan ekstasi untuk menghilangkan gejala cemas berlebihannya dalam situasi sosial tertentu. Namun seiring berjalannya waktu, tubuh dapat mengembangkan toleransi terhadap efek obat ini, sehingga beberapa orang cenderung untuk meningkatkan dosisnya tanpa seizin dokter. Ini yang menyebabkan mereka lambat laun secara tidak sengaja bergantung pada obat tersebut.

Inilah penyebab dari kenapa seseorang dapat kecanduan akan yang namanya narkoba. Semoga untuk kalian hindari masalah ini dan jangan biarkan orang kesayangan kalian juga terkena hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *