Beberapa-Negara-Melakukan-Lockdown-Akibat-Corona

Beberapa Negara Melakukan Lockdown Akibat Corona

Kesehatan

Belum lama ini kita sempat dibuat gempar akibat salah satu virus mematikan yang berasal dari negara Tirai Bambu yakni China tepatnya di Wuhan yang telah banyak memakan korban jiwa dan sudah tersebar diseluruh dunia, nama virus tersebut adalah Corona atau dalam bahasa latinnya adalah severe acute respiratory syndrome coronavirus atau disingkat menjadi SARS – Corona.

Corona atau Covid – 19 adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang area pernapasan dan area tubuh lainnya dimana jika tanpa perawatan maka kematian pun bisa terjadi. Penyebaran dari virus ini ternyata sudah menginfeksi sebanyak 150 negara di seluruh dunia.

Sementara itu sebanyak 180 kasus positif virus corona terindektifk sejak pertam kali ditemukan akhir Desember 2020 dan pesatnya penyebaran virus jenis baru ini akhirnya membuat Bagan kesehatan dunia WHO menyebutkan ini masih termasuk pademi.

Berbagai negara pun memilih kebijakan mereka sendiri untuk menyelesaikan dan menekan akngka peyebarang virus mematikan yang satu ini. Biasanya negara akan melakukan lockdown atau y ang artiya kunci.

Lockdown adalah sebuah sistem penguncian yang dimana masyarakat yang tinggal disuatu tempat / wilayah dinyatakan terkunci dan tidak dapat kemana mana.”

Dengan terkuncinya negara menjadikan aktifitas tentunya juga mengalami hambatan, lalu negara mana sajakah yang terindikasi melakukan lockdown ?.

Daftar Negara Melakukan Lockdown Akibat Corona

Malaysia

Malaysia adalah negara malaysia yang telah melakukan lockdown pada mulai 18 Maret 2020 akibat virus corona. Mereka menutup semua akses jalur pesawat terbang ataupun transporttasi dari luar kota ataupun dari dalam keluar. Tidak hanya itu saja bisnis dari negara inipun ditutup kecuali mereka yang menyediakan bahan pangan sebagaimana yang telah dikutip oleh SCMP. Lama dari masa lockdown negara ini adalah 2 minggu yakni sampai tanggal 31 Maret mendatang.

Italia

Masuk sebagai negara kedua dengan angka kematian terbesar akibat virus corona, Italia juga melakukan hal yang sama yakni lockdown dan mengunci negaranya. Seperti yang dilansir oleh CNN, negara ini termasuk yang tertinggi sebagai penderita Covid – 19 terbesar di Eropa.

Perdana menteri Giuseppe Conte mengumumkan bahwa ia akan memperluas batas lockdown yang sudah diberlakukan diwilayah Utara. “Semua zona mereka sekarang sudah diperluas ke semua wilayah secara serentak” kata Conte pada sebuah pers.

Perancis

Perancis juga melakukan hal yang sama dimana untuk masyarakatnya tidak dapat keluar masuk wilayah negaranya secara bebas. Status tersebut langsung diumumkan oleh Presiden Emmanuel Macron pada Senin 16 Maret 2020 dimana tepatnya malam setelah usai berdiskusi dengan sejumlah menteri di Istana Elysee.

Dikutip dari Forbes, lockdown mulai diberlakukan pada tanggal 17 Maret 2020 dan sampai dengan 15 hari kedepan dan ini tidak main – main dimana pemerintah menggunakan 100.000 polisi untuk memastikan kalau negaranya menaati kebijakan tersebut.

Belanda

Pemerintah Belanda mengumumkan pemberlakuan kebijakan akan ketat untuk menghentikan penyebaran virus ini pada hari Minggu 15 Maret 2020 dimana dengan berupaya melakukan lockdown setidaknya hingga 6 April mendatang.

Dilansir oleh Ducth News dimana seluruh sekolah dan daycare akan ditutup tidak hanya itu saja, cafe dan bahkan sejumlah klub malam dan tempat olahraga juga akan mengalami nasib yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *